Saturday, December 26, 2015

Mengenal Syuhada Abdullah Bin Abbas

Syuhada

Abdullah Bin Abbas

Pada saat usianya masih sangat muda namunAbdullah bin Abbas  dikalangan sahabat ia dikenal yang paling mengerti ayat Al-Qur’an dan amat memahami takwil dan kandungan ayat. Selain itu ia adalah pelopor pengumpulan dan pencatatan hadits, oleh sebab itu ia dibelri gelar Tarjuman Al Qur’an dan bapak musafirin.
Beliau lahir saat bertepatan dengan isolasi kaum Quraisy terhadap Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya , ayahnya bernama Abbas Bin Abdul Munthalib ibunya Lubada Binti AlHarits bin Hazin. Abdullah Bin Abbas masih sepupu nabi Dia sangat disayang oleh nabi bukan hanya karena msih saudara tetapi karena kecerdasan dan keluhuran Akhlaknya. Ketika Abbas Lahir Nabi Muhammad saw sempat memanjatkan doa khusus kepada Allah supaya abbas  menjadi orang yang alim dan memahami agama secara mendalam . hal ini terbukti ketika pada usia remaja dengan ketajaman batinya ia dikabarkan pernah melihat malaikat Jibril yang mana hal ini hanya dapat dilakukan oleh orang yang jiwanya berhijab.
Semasa Nabi  SAW masih hidup Abdullah Bin Abbas selalu menyertai Nabi dalam berbagai kesempatan seperti ikut menghadiri ceramah atau dakwah, tekun menyimak dengan seksama. Disamping itu dia juga patuh pada nasehat dari Nabi.

Karena  kecerdasanaya serta Ketaatan serta selalu mencamkan nasehat nabii SAW inilah yang menempatkan beliau menjadi ahli Hadits, Hukum serta ahli tafsir. Ketika pada masa Nabi SAW kegiatan Intelektual dan keluasan ilmu yang dimilikinya belum begitu terlihat, Barulah pada masa Khalifah yang empat ia muncul sebagai cendekiawan  muda , Gebragan pertamanya dimulai Ketika Nabi SAW wafat ia melemparkan gagasan untuk  mencatat dan mengumpulkan hadits yang masih berserakan dalam ingatan para sahabat.
Satu persatu didatanginya kaum Anshor, ditanyakanlah pada mereka apa saja yang pernah mereka dengar dan mereka lihat dari nabi SAW , suatu usaha yang amat gigih kadang harus menempuh perjalanan yang jauh dan membosankan  untuk memburu Hadits. Dia dikenal orang yang paling banyak meriwayatkan Hadits dan sebagai pelopor pencatatan dan pengumpulan  Hadits .
Hubungan yang begitu dekat engan Nabi serta penggetahuan yang luas dan mendalam dengan akhlak yang mulia mengetahui banyak tentang Hukum dan fatwa-fatwa  Nabi . pergaulan luas dengan sahabat dirinya menjadi tempat bertanya seperti Aisiyah, Ummu Salamah, Abdullah Bin Khatab , Abdullah Bin Amr dan banyak lagi pernah mendatanginya untuk bertanya tentang masakah rumit.
Pada masaKhalifah  Utsman Bin Affan beliau diangkat menjadi Amirul Hajj sedang hanya sebenar dalam bidang politik beliau seorang tokoh yang teguh pendirian tidak terpengaruh dengan ancaman ataupun pemberian. Hal ini terbukti ketika Ibnu Zubair salah satu tokoh yang berambisi  menjadi Khalifah mengancam akan membakar beliau jika tidak mengangkatnya sebagai Khalifah. Namun Ibu Abbas tidak takut dengan ancaman itu, bahkan kejadian selanjutnya malah berbalik Ibnu Zubair lari tungang langgang lalu bersembunyi dibalik Ka’bah. Saat itulah Ibnu Abbas membuktikan ketaatanya pada agama menemui kondisi musuh yang sudah terpojok tentu mudah saja Ibnu Abbas untuk menghabisi  Ibnu Zubair namun Ibnu Abbas justru melepaskanya  karena menghormati kesucian Ka’bah.
Peristiwa ini membuktikan bahwa beliau tidak berambisi memperoleh kekuasaaan , prinsip baginya kekuasaan tidak mempunyai nilai lebih dibanding dengan ridho Allah dlam kehidupan dunia dan Akhirat. Karena hanya rahmat Allah yang dicarinya, akhirnya anak muda kesayanga Nabi SAW yang sepanjang hidupnya dimanfaatkan untuk mengabdi  dan menyebarkan ilmu  agama Allah diperkenankan pulang kerahmatullah  pada usia lebih dari 70 tahun , ia meneinggalkan 5 anak yaitu Abbas, Ali, Muhammad, Al-Fadhal, Abdullah  Murid yang dididiknya juga banyak  antara lain yang paling menonjol adalah ikrimah dan Su’bah, ia termasuk sahabat yang paling gencar meriwayatkan hadits seluruhnya berjumlah kurang lebih 670 buah hadits



1 comment:

  1. Top 10 youtube games to play in your living room, no
    Top 10 youtube games to play in your living room, no app 유튜브 needed There is an incredible amount of sports to bet on here. The

    ReplyDelete