ANALISIS TEMA PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
I, Semester I
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Diri Sendiri
|
Keluargaku
|
Lingkungan
|
Pengalaman
|
Kegemaran
|
Permainan
|
Mendengarkan
1. Memahami berbagai bunyi bahasa, perintah,
dan dongeng yang dilisankan
|
1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah
atau petunjuk sederhana
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
|
|
|
|
|
|
|
|
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenapan benda
dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
|
2.1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat
sederhana dan bahasa yang santun.
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Menyapa orang lain dengan menggunakan
kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3 Mendeskripsikan
benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
|
|
|
|
|
|
|
|
2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan
intonasi yang sesuai
|
|
|
|
|
|
|
|
Membaca
3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
|
3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan
lafal yang tepat
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
|
|
|
|
|
|
|
|
Menulis
4. Menulis permulaan dengan menjiplak,
menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin.
|
4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar,
lingkaran, dan bentuk huruf
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3 Mencontoh
huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai
berdasarkan gambar
|
|
|
|
|
|
|
|
4.5 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf
lepas.
|
|
|
|
|
|
|
ANALISIS KURIKULUM PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
I, Semester I
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Diri Sendiri
|
Keluargaku
|
Lingkungan
|
Pengalaman
|
Kegemaran
|
Permainan
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya,
serta cara perawatannya
|
1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan
kegunaannya serta cara perawatannya.
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar
tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Membiasakan hidup sehat
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Mengenal cara memelihara lingkungan agar
tetap sehat
|
2.1 Mengenal
cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Membedakan
lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3 Menceritakan perlunya merawat tanaman,
hewan peliharaan dan lingkungan sekitar
|
|
|
|
|
|
|
|
Benda dan Sifatnya
3. Mengenal berbagai sifat benda dan
kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda
|
3.1 Mengidentifikasi benda yang ada di
lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3 Mengidentifikasi
kegunaan benda di lingkungan sekitar
|
|
|
|
|
|
|
ANALISIS KURIKULUM PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
I, Semester I
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Diri Sendiri
|
Keluargaku
|
Lingkungan
|
Pengalaman
|
Kegemaran
|
Permainan
|
1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta
sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
|
1.1 Mengidentifikasi
identitas diri, keluarga, dan kerabat
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Menceritakan pengalaman diri
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Menceritakan kasih sayang antar anggiota
keluarga
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4 Menunjukkan
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
|
|
|
|
|
|
|
ANALISIS KURIKULUM PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : PKn
Kelas
I, Semester I
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Diri Sendiri
|
Keluargaku
|
Lingkungan
|
Pengalaman
|
Kegemaran
|
Permainan
|
1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
|
1.1 Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Memberikan contoh hidup rukun melalui
kegiatan di rumah dan di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Membiasakan
tertib di rumah dan di sekolah
|
2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah
dan di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
ANALISIS KURIKULUM TEMATIS
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan
Ketrampilan
Kelas
I, Semester I
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Diri Sendiri
|
Keluargaku
|
Lingkungan
|
Pengalaman
|
Kegemaran
|
Permainan
|
Seni Rupa
1. Mengapresiasi
karya seni rupa
|
1.1 Mengindentifikasi unsur rupa pada benda di
alam sekitar
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur
rupa pada benda di alam sekitar
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa
|
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Mengekspresikan diri melalui teknik
menggunting / menyobek
|
|
|
|
|
|
|
|
Seni Musik
3. Mengapresiasi
karya seni musik
|
3.1 Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari
berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber
bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia.
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni
musik
|
4.1 Menampilkan permainan pola irama sederhana
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Mengekspresikan diri melalui vokal
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3 Mengekspresikan diri melalui alat musik
atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4. Melafalkan lagi anak-anak
|
|
|
|
|
|
|
|
4.5 Menyanyikan lagu anak-anak secara
individual, kelompok maupun klasikal
|
|
|
|
|
|
|
|
Seni Tari
5. Mengapresiasi
karya seni tari
|
5.1 Mengidentifikasi
fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat
|
|
|
|
|
|
|
5.2 Menampilkan
gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
|
|
|
|
|
|
|
|
5.3 Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
|
|
|
|
|
|
|
|
6. Mengekspresikan
diri melalui karya seni tari
|
6.1 Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerapan
spontan
|
|
|
|
|
|
|
6.2 Menampilkan unsur gerak tari di depan
penonton
|
|
|
|
|
|
|
ANALISIS KURIKULUM PEMBELAJARAN TEMATIS
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
Kelas
I, Semester I
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Diri Sendiri
|
Keluargaku
|
Lingkungan
|
Pengalaman
|
Kegemaran
|
Permainan
|
1. Mempraktekkan gerak dasar ke dalam
permainan sederhana/aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, dan
lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi, dan percaya diri.
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun
ataupun menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas,
kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Mempraktikkan gerak dasar lempar tangkap
dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi, dan percaya diri.
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam
berbagai posisi
|
2.1 Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi
berdiri
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Mendemonstrasikan
sikap tubuh dalam posisi berjalan
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Mempraktikkan
senam lantai sederhana tanpa alat dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan
gerak keseimbangan statis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disipilin
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Mempraktikkan
gerak keseimbangan dinamis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Mengungkapkan
perasaan melalui gerak berirama dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan gerak bebas berirama tanpa
menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Mempraktikkan gerak bebas berirama
menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku
dan kulit
|
|
|
|
|
|
|
5.2 Mengenal pentingnya imunisasi
|
|
|
|
|
|
|
ANALISIS KURIKULUM PEMBELAJARAN TEMATIS
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
I, Semester I
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Diri Sendiri
|
Keluargaku
|
Lingkungan
|
Pengalaman
|
Kegemaran
|
Permainan
|
1. Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
|
1.1 Membilang benyak benda
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Mengurutkan banyak benda
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20
|
|
|
|
|
|
|
|
Geometri Pengukuran
2. Menggunakan
pengukuran waktu dan panjang
|
2.1 Menentukan
waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Menentukan
lama suatu kejadian berlangsung
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3 Mengenal
panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan
membandingkannya
|
|
|
|
|
|
|
|
2.4 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Mengenal
beberapa bangun ruang
|
3.1 Mengelompokkan berbagai bagun ruang
sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut)
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Menentukan
urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya
|
|
|
|
|
|
|
ANALISIS KURIKULUM PEMBELAJARAN
TEMATIS
Mata Pelajaran : .............................................
Kelas/Semester : I/1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Diri Sendiri
|
Keluargaku
|
Lingkungan
|
Pengalaman
|
Kegemaran
|
Permainan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ANALISIS TEMA PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
I, Semester I
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Diri Sendiri
|
Keluargaku
|
Lingkungan
|
Pengalaman
|
Kegemaran
|
Permainan
|
Mendengarkan
1. Memahami berbagai bunyi bahasa, perintah,
dan dongeng yang dilisankan
|
1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah
atau petunjuk sederhana
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
|
|
|
|
|
|
|
|
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenapan benda
dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
|
2.1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat
sederhana dan bahasa yang santun.
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Menyapa orang lain dengan menggunakan
kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3 Mendeskripsikan
benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
|
|
|
|
|
|
|
|
2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan
intonasi yang sesuai
|
|
|
|
|
|
|
|
Membaca
3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
|
3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan
lafal yang tepat
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
|
|
|
|
|
|
|
|
Menulis
4. Menulis permulaan dengan menjiplak,
menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin.
|
4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar,
lingkaran, dan bentuk huruf
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3 Mencontoh
huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai
berdasarkan gambar
|
|
|
|
|
|
|
|
4.5 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf
lepas.
|
|
|
|
|
|
|
ANALISIS KURIKULUM PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
I, Semester I
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Diri Sendiri
|
Keluargaku
|
Lingkungan
|
Pengalaman
|
Kegemaran
|
Permainan
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya,
serta cara perawatannya
|
1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan
kegunaannya serta cara perawatannya.
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar
tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Membiasakan hidup sehat
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Mengenal cara memelihara lingkungan agar
tetap sehat
|
2.1 Mengenal
cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Membedakan
lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3 Menceritakan perlunya merawat tanaman,
hewan peliharaan dan lingkungan sekitar
|
|
|
|
|
|
|
|
Benda dan Sifatnya
3. Mengenal berbagai sifat benda dan
kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda
|
3.1 Mengidentifikasi benda yang ada di
lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3 Mengidentifikasi
kegunaan benda di lingkungan sekitar
|
|
|
|
|
|
|
ANALISIS KURIKULUM PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
I, Semester I
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Diri Sendiri
|
Keluargaku
|
Lingkungan
|
Pengalaman
|
Kegemaran
|
Permainan
|
1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta
sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
|
1.1 Mengidentifikasi
identitas diri, keluarga, dan kerabat
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Menceritakan pengalaman diri
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Menceritakan kasih sayang antar anggiota
keluarga
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4 Menunjukkan
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
|
|
|
|
|
|
|
ANALISIS KURIKULUM PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : PKn
Kelas
I, Semester I
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Diri Sendiri
|
Keluargaku
|
Lingkungan
|
Pengalaman
|
Kegemaran
|
Permainan
|
1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
|
1.1 Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Memberikan contoh hidup rukun melalui
kegiatan di rumah dan di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Membiasakan
tertib di rumah dan di sekolah
|
2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah
dan di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
ANALISIS KURIKULUM TEMATIS
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan
Ketrampilan
Kelas
I, Semester I
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Diri Sendiri
|
Keluargaku
|
Lingkungan
|
Pengalaman
|
Kegemaran
|
Permainan
|
Seni Rupa
1. Mengapresiasi
karya seni rupa
|
1.1 Mengindentifikasi unsur rupa pada benda di
alam sekitar
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur
rupa pada benda di alam sekitar
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa
|
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Mengekspresikan diri melalui teknik
menggunting / menyobek
|
|
|
|
|
|
|
|
Seni Musik
3. Mengapresiasi
karya seni musik
|
3.1 Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari
berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber
bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia.
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni
musik
|
4.1 Menampilkan permainan pola irama sederhana
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Mengekspresikan diri melalui vokal
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3 Mengekspresikan diri melalui alat musik
atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4. Melafalkan lagi anak-anak
|
|
|
|
|
|
|
|
4.5 Menyanyikan lagu anak-anak secara
individual, kelompok maupun klasikal
|
|
|
|
|
|
|
|
Seni Tari
5. Mengapresiasi
karya seni tari
|
5.1 Mengidentifikasi
fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat
|
|
|
|
|
|
|
5.2 Menampilkan
gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
|
|
|
|
|
|
|
|
5.3 Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
|
|
|
|
|
|
|
|
6. Mengekspresikan
diri melalui karya seni tari
|
6.1 Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerapan
spontan
|
|
|
|
|
|
|
6.2 Menampilkan unsur gerak tari di depan
penonton
|
|
|
|
|
|
|
ANALISIS KURIKULUM PEMBELAJARAN TEMATIS
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
Kelas
I, Semester I
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Diri Sendiri
|
Keluargaku
|
Lingkungan
|
Pengalaman
|
Kegemaran
|
Permainan
|
1. Mempraktekkan gerak dasar ke dalam
permainan sederhana/aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, dan
lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi, dan percaya diri.
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun
ataupun menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas,
kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Mempraktikkan gerak dasar lempar tangkap
dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi, dan percaya diri.
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam
berbagai posisi
|
2.1 Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi
berdiri
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Mendemonstrasikan
sikap tubuh dalam posisi berjalan
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Mempraktikkan
senam lantai sederhana tanpa alat dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan
gerak keseimbangan statis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disipilin
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Mempraktikkan
gerak keseimbangan dinamis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Mengungkapkan
perasaan melalui gerak berirama dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan gerak bebas berirama tanpa
menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Mempraktikkan gerak bebas berirama
menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku
dan kulit
|
|
|
|
|
|
|
5.2 Mengenal pentingnya imunisasi
|
|
|
|
|
|
|
ANALISIS KURIKULUM PEMBELAJARAN TEMATIS
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
I, Semester I
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Diri Sendiri
|
Keluargaku
|
Lingkungan
|
Pengalaman
|
Kegemaran
|
Permainan
|
1. Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
|
1.1 Membilang benyak benda
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Mengurutkan banyak benda
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20
|
|
|
|
|
|
|
|
Geometri Pengukuran
2. Menggunakan
pengukuran waktu dan panjang
|
2.1 Menentukan
waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Menentukan
lama suatu kejadian berlangsung
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3 Mengenal
panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan
membandingkannya
|
|
|
|
|
|
|
|
2.4 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Mengenal
beberapa bangun ruang
|
3.1 Mengelompokkan berbagai bagun ruang
sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut)
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Menentukan
urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya
|
|
|
|
|
|
|
ANALISIS KURIKULUM PEMBELAJARAN
TEMATIS
Mata Pelajaran : .............................................
Kelas/Semester : I/1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Diri Sendiri
|
Keluargaku
|
Lingkungan
|
Pengalaman
|
Kegemaran
|
Permainan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment